Apasih Perbedaan Aswaja Dan Wahabi? - Soffah.Net

10
Catatan ini hanya menjawab pertanyaan pada judul [Aduh Manusia Ini Sangat Memprihatinkan]. Kurang lebih pertanya'an begini : "Perbedaan mendasar masing-masing aliran tersebut. Dan faktor kejanggalan yang sangat jelas dan sangat mudah dimengerti orang awam yang membedakan ahlussunah dengan yang lain (wahabi, read). Sehingga pas pertama kita berada di suatu komunitas kita langsung mengetahui ini ahlussunnah atau bukan". Kami mulai jawabannya disini, untuk saudara Hasyim Alatas.


Ahlisunnah Wal Jama'ah (Aswaja)

Lebih jelasnya yang kami singkat dengan ASWAJA, adalah “Ahlisunnah Wal Jama’ah”. Jadi bila anda bertanya-tanya saat menemukan tulisan dengan kata “ASWAJA”, apasih Asawaja itu?. Aswaja adalah ringkasan dari kalimat “Ahli-Sunnah-Wal-Jama’ah”. Kemudian, Apasih Ahlisunnah Wal Jama’ah itu?. Ahlisunnah Wal Jama’ah adalah asal dari bahasa Arab, secara Lughath artinya : [Ahlisunnah = penerus atau mengikuti atau berjalan di atas sunnah-sunnah Rasul SAW sedangkan sunnah Rasul adalah Hadist Nabi Muhammad SAW]. Adapun [Wal = Dengan atau Beserta atau Bersama]. Sedangkan [Al-Jama’ah = Sebuah “kebersama’an” atau “bersatu” menciptakan keselarasan demi mewujudkan Ukhuwwah]. Secara istilah Ahlisunnah Wal Jama’ah : adalah sebuah pengemban wasiat yang di tinggalkan Rasulullah bagi yang ingin selamat, kata beliau. Adapun wasiatnya :

عن أبي نجيح العرباض بن سارية رضي الله عنه قال وعظنا رسول الله صلى الله عليه وسلم موعظة وجلت منها القلوب وذرفت منها العيون فقلنا يا رسول الله كأنها موعظة مودع فأوصنا قال أوصيكم بتقوى الله عز وجل والسمع والطاعة وإن تأمر عليكم عبد فإنه من يعش منكم فسيرى اختلافا كثيرا فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين من بعدي عضوا عليها بالنواجذ

Rasulullah SAW memberi pelajaran kepada kami sehingga hati kami takut kepadanya dan mata mencucurkan air mata. Kami berkata : “Wahai Rasulullah, sepertinya pelajaran ini adalah pelajaran orang yang akan berpisah ? Oleh karena itu, berilah kami nasihat”. Beliau bersabda : “Aku wasiatkan hendaklah kalian bertaqwa kepada Allah, dan dengar, dan taatilah oleh kalian walau diperintah oleh seorang budak, karena orang-orang yang hidup sepeninggal kalian akan melihat pertentangan yang banyak. Maka, hendaklah kalian berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah para khulafaur-rasyidin yang mendapat petunjuk sesudahku. Gigitlah (pegang eratlah) sunnah tersebut dengan gigi geraham” [HR. Abu Dawud No. 4607. At-Tirmidzi No. 2676. Ahmad juz. 4 No 126-127. Ad-Darimi 1-44. Ibnu Majah No. 43-44. Al-Baghawi No. 102. Al-Ajjuri dalam Asy-Syari’ah hal. 46. Al-Baihaqi 6-541. Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 5-220, 10-115. dan Al-Hakim juz.1 No 95-97.].

Perkataan Rasulullah “Pertentangan yang banyak” Apa maksud dari pernyataan Rasulullah ini?. Tentulah kita harus mengetahui dasar-dasar ini. Diketahui bahwa akan banyak pemahaman baru yang muncul, dan pemahaman mereka semuanya luput sehingga menyebabkan terjadinya pertentangan. Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda seperti berikut :

أَلَا إِنَّ مَنْ قَبْلَكُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ افْتَرَقُوا عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً، وَإِنَّ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ: ثِنْتَانِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ، وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ، وَهِيَ الْجَمَاعَةُ

“Ketahuilah sesungguhnya umat sebelum kalian dari Ahli Kitab berpecah belah menjadi 72 golongan, dan umatku ini akan berpecah belah menjadi 73 golongan. 72 golongan di neraka, dan 1 golongan di surga. Merekalah Al Jama’ah” [HR. Abu Daud 4597], Albani ikut Men-Shahih-kan Hadist ini, Tetapi meskipun Albani tidak ikut Men-Shahihkan. Tidak mengurangi drajat hadist ini sedikitpun!.

Dengan tegas hadit ini menjelaskan bahwa semua golongan, firqoh yang 72 dari golongan Umat beliau masuk Neraka kecuali hanya satu. Dan tentu saja yang satu itu akan menjadi rebutan dari banyak golongan, masing-masing mengaku merekalah golongan yang satu itu (yang masuk surga). Lalu sesungguhnya siapakah mereka yang satu itu?. Ternyata Rasulullah SAW sudah memberikan ketentuan, siapakah yang satu itu?. Berikut ketentuan yang di gariskan oleh Rasulullah :

ستكون بعدي هنات وهنات، فمن رأيتموه فارق الجماعة، أو يريد أن يفرق أمر أمة محمد كائنا من كان فاقتلوه ؛ فإن يد الله مع الجماعة، و إن الشيطان مع من فارق الجماعة يركض

“Sepeninggalku akan ada percekcokan-percekcokan yang terjadi terus-menerus. Jika diantara kalian melihat orang yang memecah belah Al Jama’ah atau menginginkan perpecahan dalam urusan umatku bagaimana pun bentuknya, maka perangilah ia. Karena tangan Allah itu berada pada Al Jama’ah. Karena setan itu berlari bersama orang yang hendak memecah belah Al Jama’ah” [HR. As-Suyuthi Fi Jami’ Ash Shaghir No 4672]. Ini Sinyal bahwa siapa sesungguhnya yang satu itu, yaitu ternyat Al-Jama’ah. Oleh karena itu Rasulullah memerintahkan kita untuk berpegang teguh dengan Al-Jama’ah :

عليكم بالجماعة ، وإياكم والفرقة ، فإن الشيطان مع الواحد وهو من الاثنين أبعد .من أراد بحبوحة الجنة فليلزم الجماعة .ن سرته حسنته وساءته سيئته فذلكم المؤمن

“Berpeganglah pada Al Jama’ah dan tinggalkan kekelompokan. Karena setan itu bersama orang yang bersendirian dan setan akan berada lebih jauh jika orang tersebut berdua. Barangsiapa yang menginginkan bagian tengah surga, maka berpeganglah pada Al Jama’ah. Barangsiapa merasa senang bisa melakukan amal kebajikan dan bersusah hati ketika berbuat maksiat maka itulah seorang mu’min” [HR. Tirmidzi No.2165]. Karena itu Rasulullah SAW sangat melindungi Al-Jamaah :

والذي لا إله غيره لا يحل دم رجل مسلم يشهد أن لا إله إلا الله ، وأني رسول الله ، إلا ثلاثة نفر : التارك الإسلام ، المفارق للجماعة أو الجماعة  شك فيه أحمد  . والثيب الزاني.والنفس بالنفس

“Demi Allah, darah seorang yang bersyahadat tidak lah halal kecuali karena tiga sebab, yaitu : keluar dari Islam, memisahkan diri dari Jama’ah atau keluar dari Al Jama’ah, dan orang tua yang berzina dan membunuh” [HR. Muslim No.1676].

Jadi telah jelas, barangsipa yang tidak keluar dari Al-Jama’ah, maka ia termasuk dalam lindungan Allah Az-zawajal beserta Rasulnya. Maka dari itu Rasulullah sangat menekan kita untuk bersama Al-Jama’ah. Kesimpulannya : Ahlisunnah Wal Jama’ah atau yang di sebut dengan “Aswaja” adalah semata-mata karena menjaga, menggigit, dan menjalankan Wasiat Rasulullah “Maka, hendaklah kalian berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah para khulafaur-rasyidin yang mendapat petunjuk sesudahku. Gigitlah (pegang eratlah) sunnah tersebut dengan gigi geraham” [HR. Abu Dawud No. 4607].


Adapun Wahabi, Siapakah Dia?

Wahabi adalah ajaran yang baru, ajaran yang tidak ada pada masa Nabi, Sahabt, Taibi’in (generasi setelah sahabt), maupun Tabi’ut-tabi’in (generasi kedua setelah sahabat). Ajaran mereka (wahabi) adalah ajaran baru yang diusung oleh “Muhammad bin Abdul Wahhab”,  Abdul Wahhab adalah nama orang tua dia (Muhammad), kakeknya bernama “Sulaiman” dari marga “al-Tamim” suku “al-Najdi”. Baca juga [Tanduk Setan Muncul Dari Najdi].

Semua Ulama Hijaz yang sejaman dengan dia bersepakat bahwa “Muhammad bin Abdul Wahhab” adalah kaum Khawarij yang suka membunuh. Faktanya, orang tuanya sendiri telah memperingati kita semu dengan berkata begini :

وَأَخْبَرَنِيْ بَعْضُ مَنْ لَقِيْتُهُ عَنْ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ عَمَّنْ عَاصَرَ الشَّيْخَ عَبْدَالْوَهَّابِ هَذَا أَنَّهُ كَانَ غَاضِبًا عَلىَ وَلَدِهِ مُحَمَّدٍ لِكَوْنِهِ لَمْ يَرْضَ أَنْ يَشْتَغِلَ بِالْفِقْهِكَأَسْلاَفِهِ وَأَهْلِ جِهَتِهِ وَيَتَفَرَّسُ فِيْه أَنَّهُ يَحْدُثُ مِنْهُ أَمْرٌ .فَكَانَ يَقُوْلُ لِلنَّاسِ: يَا مَا تَرَوْنَ مِنْ مُحَمَّدٍ مِنَ الشَّرِّ فَقَدَّرَ

“Seperti para pendahulu dan orang-orang di daerahnya. Sang ayah selalu berfirasat tidak baik tentang anaknya pada masa yang akan datang. Beliau selalu berkata kepada masyarakat, “Hati-hati, kalian akan menemukan keburukan dari Muhammad.” [Ibn Humaid al-Najdi, al-Suhub al-Wabilah ‘ala Dharaih al-Hanabilah, hal. 275].

وَكَذَلِكَ ابْنُهُ سُلَيْمَانُ أَخُوْ مُحَمَّدٍ كَانَ مُنَافِيًا لَهُ فِيْ دَعْوَتِهِ وَرَدَّ عَلَيْهِ رَدًّا جَيِّداًبِاْلآَياَتِ وَاْلآَثاَرِ وَسَمَّى الشَّيْخُ سُلَيْمَانُ رَدَّهُ عَلَيْهِ ( فَصْلُ الْخِطَابِ فِي الرَّدِّ عَلىَمُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ ) وَسَلَّمَهُ اللهُ مِنْ شَرِّهِ وَمَكْرِهِ

Demikian kakak beliau, Syaikh Sulaiman (kakak Muhammad bin Abdul Wahhab), juga menentang terhadap ajarannya dan membantahnya dengan bantahan yang baik berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi SAW. Syaikh Sulaiman menamakan bantahannya (kitab) dengan judul “Fashl al-Khithab fi al-Radd ‘ala Muhammad bin Abdul Wahhab”. Karena Allah telah menyelamatkan Syaikh Sulaiman dari keburukan dan tipu daya adiknya, “Muhammad bin Abdul Wahhab berusaha keras untuk membunuh kakaknya, namun selalu gagal”.

مَعَ تِلْكَ الصَّوْلَةِ الْهَائِلَةِ الَّتِيْأَرْعَبَتِ اْلأَبَاعِدَ فَإِنَّهُ كَانَ إِذَا بَايَنَهُ أَحَدٌ وَرَدَّ عَلَيْهِ وَلَمْ يَقْدِرْ عَلَى قَتْلِهِ مُجَاهَرَةًيُرْسِلُ إِلَيْهِ مَنْ يَغْتَالُهُ فِيْ فِرَاشِهِ أَوْ فِي السُّوْقِ لَيْلاً لِقَوْلِهِ بِتَكْفِيْرِ مَنْ خَالَفَهُوَاسْتِحْلاَلِ قَتْلِهِ

Meskipun ia sering melakukan serangan besar yang mengerikan terhadap orang-orang yang jauh darinya. Karena setiap ada orang yang menentangnya, maka Muhammad bin Abdul Wahhab pasti akan membunuhnya, [baca juga judul : Muhammad Ibn Abdil Wahhab Suka Membunuh] apabila ia tidak mampu membunuhnya secara terang-terangan, maka ia akan mengirim orang yang akan menculik dari tempat tidurnya atau di pasar pada malam hari. [al-Najdi, Al-Hanabilah, hal. 275].

Melihat dari keberingasan Muhammad bin Abdul Wahhab maka sesuailah petunjuk-petunjuk yang di berikan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana kata beliau fitnah yang besar akan keluar dari arah timur Madinah, baca juga [Fitnah Keluar Dari Arah Timur]. Demikian Juga yang di sampaikan Sayyid Abdurrahman al-Ahdal beliau guru pengarang kitab I’anah al-Thalibin. Menyampaikan begini :

لاَ يُحْتَاجُ التَّأْلِيْفُ فِي الرَّدِّ عَلَى ابْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ، بَلْ يَكْفِي فِي الرَّدِّ عَلَيْهِ قَوْلُهُ صلى الله عليه وسلم سِيْمَاهُمُ التَّحْلِيْقُ، فَإِنَّهُ لَمْ يَفْعَلْهُ أَحَدٌ مِنَ الْمُبْتَدِعَةِ

“Tidak perlu menulis bantahan terhadap Ibn Abdil Wahhab. Karena sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam cukup sebagai bantahan terhadapnya, yaitu “Tanda-tanda mereka memang kaum Khawarij, Has mereka mencukur rambut (maksudnya orang yang masuk dalam ajaran Wahhabi, suka mencukur rambutnya) sehingga banyak yang plonthos (gundul)”.[ Fitnah al-Wahhabiyah, hal. 54].

“كَمَا وَقَعَ فِيْ زَمَانِنَافِيْ أَتْبَاعِ ابْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ الَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ نَجْدٍ وَتَغَلَّبُوْا عَلَى الْحَرَمَيْنِ وَكَانُوْايَنْتَحِلُوْنَ مَذْهَبَ الْحَنَابِلَةِ لَكِنَّهُمْ اِعْتَقَدُوْا أَنَّهُمْ هُمُ الْمُسْلِمُوْنَ وَأَنَّ مَنْ خَالَفَاعْتِقَادَهُمْ مُشْرِكُوْنَ وَاسْتَبَاحُوْا بِذَلِكَ قَتْلَ أَهْلِ السُّنَّةِ وَقَتْلَ عُلَمَائِهِمْ حَتَى كَسَرَ اللهُشَوْكَتَهُمْ

“Pengikut Ibn Abdil Wahhab yang keluar dari Najd dan berupaya keras menguasai dua tanah suci. Mereka mengikuti madzhab Hanabilah. Namun mereka meyakini bahwa mereka saja kaum Muslimin, sedangkan orang yang berbeda dengan keyakinan mereka adalah orang-orang musyrik. Dan oleh sebab itu mereka menghalalkan membunuh Ahlussunnah Wal Jam’ah dan para ulamanya sampai akhirnya Allah memecah kekuatan mereka.” [Hasyiyah Radd al-Muhtar ‘ala al-Durr al-Mukhtar, juz 4, hal. 262].


Bagaimana Membedakan Antara Ajaran Ahlisunnah Dan Wahabi?

Bersambung.....





© Post Original & Official®
 █║▌│█│║▌║││█║▌║▌║
Verified Official by Soffah.net

Post a Comment Blogger

  1. Yaah bersambung ternyata, ditunggu min lanjutannya...

    ReplyDelete
  2. Sambungannya mana, udah ditunggu ini min

    ReplyDelete
  3. Ayo bermain bersama kami di ARENADOMINO anda menang kami senang silahkan daftar dan bermain ya 100% aman dan nyaman silahkan dibuktikan sendiri..PIN : D8EBAA7C

    ReplyDelete
  4. Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 7 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com) silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda moto kami anda menang kami senang yukk... pin bb D8EBAA7C

    ReplyDelete
  5. Pagi gan berbagi rejeki bagi pecinta TOGEL atau Games Online bisa bermain bersama di kelinci99 dan dapatkan bonus freechip setiap harinya dan proses cepat dan pelayanan nyaman akan kami berikan untuk member kita semua penasaran silahkan merapat dan bermain bersama kami ya jika kesulitan bisa juga di bantu dalam pendaftaran ya gan salam JP untuk kita semua TOGEL LOVERS.. pin : 2B1E7B84 di add yach ^^

    ReplyDelete
  6. Bisa kirim setiap postingan kpd saya?

    ReplyDelete
  7. Pemain setia Togel dan Games bola SBOBET, IBCBET dan Sabung Ayam yuk bermain disini AREATOTO hanya dengan 1 id bos bos sudah bisa main semua games kami lo dengan pelayanan yang sangat ramah dan sangat mudah dan lagi proses cepat yang kami berikan untuk anda semua jadi tidak usah berlama lama lagi yuk segera daftar dan bermain ya jika kesulitan bisa di bantu dalam pendaftaran ya all tq pin : areatoto ditunggu yach.. ^^

    ReplyDelete
  8. F4n5--83771nG => Agen BOLA terbesar BBM : 5EE80AFE ^o^

    ReplyDelete

Apa opini dari anda?