Kemenag Siapkan Perlindungan Untuk Wahabi Dan Syiah - Soffah.Net

0
Foto Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Lintas Soffah - Kementerian Agama tengah menyiapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai perlindungan umat beragama yang bertujuan membentuk persamaan persepsi cara pandang pada diri setiap anak bangsa agar tidak terjadi penistaan agama ke depan.

"Kami kan sudah menyiapkan RUU tentang perlindungan umat beragama yang sampai sekarang terus kami matangkan," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai penutupan Mukernas I PPP di Jakarta, Kamis.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin katakan wacana ini untuk lebih matangkan RUU terkait masalah-masalah yang timbul di masyarakat kian bergejolak. Ia juga menyebutkanseperti penolakan terhadap Syiah, maupun Wahabi. RUU ini akan semakai ditambah aturan dengan melakukan pertimbangan mendalam.

"Misalnya kan sekarang sudah mulai beredar spanduk warga menolak Syiah misalnya, atau Wahabi misalnya. Ekspresi penolakan seperti itu akan dikategorikan apakah wujud kebebasan beragama atau bisa dikategorikan penghinaan terhadap sebuah paham agama," kata dia.

RUU itu, tutur Menag, akan disebarluaskan ke masyarakat, tokoh agama, organisasi keagamaan dan pegiat HAM pada April 2015 untuk dimintakan masukan yang membangun. Aparat hukum, tutur dia, juga membutuhkan landasan hukum yang jelas dan ketegasan aturan untuk membedakan perilaku melanggar hukum atau kebebasan berekspresi dalam kebebasan agama, tutupnya.

Post a Comment Blogger

Apa opini dari anda?