Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia sebanyak 126 - Soffah.Net

0
Lintas Soffah - Pemerintah menyatakan sebanyak 126 jamaah haji asal Indonesia meninggal dunia di Tanah Suci Mekah. Penyebabnya kebanyakan karena sakit faktor usia. Pada sisi lain juga kerena di picu oleh lemahnya stamina para jamaah, hanya saja jumlah angka yang tercatat didominasi oleh faktor usia

"Sampai kemarin tercatat ada 126 jamaah yang meninggal. Penyebab sakit didominasi penyakit bawaan yang diderita. Penyebab lainnya karena kecelakaan, yakni tertabrak mobil ada kurang dari lima orang," ungkap Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin saat mengunjungi Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (10/10).

Menurutnya, jamaah Indonesia yang meninggal dunia di musim haji 2014 ini lebih banyak dari lanjut usia, yaitu di atas 70 tahun. "Karena lansia lebih banyak, dan umumnya beresiko tinggi. Maka angka yang wafat lebih banyak," kata Lukman.

Dia mengakui bahwa belum ada standarisasi kesehatan bagi calon jamaah haji. Setiap daerah memiliki standar yang berbeda. Ke depan kementerian agama akan berkoordinasi dengan kementerian kesehatan untuk memperketat standar kesehatan calon jamaah haji.

"Jadi, lebih tegas memilih jamah-jamaah haji. Yang riskan atau belum sembuh dari sakit tidak boleh diberangkatkan," imbuh Lukman.

Namun hal ini sebatas wacana dan strategi pemerintah untuk meminimalisir angka kematian pada jamaah tahun depan, pada dasarnya dalam catatn sejarah menyangkut musim haji tidak perna ada jamaah pulang dengan angka genap sesuai angka keberangkatan.

Post a Comment Blogger

Apa opini dari anda?