Mesjid Di Jual - Soffah.Net

0
Kegilaan macam apa ini? Tadi malam saya mendapat kabar dari rekan ketika hendak ke makam, Bahwasannya kawan saya ketika ke kota Malang dalam perjalanan melihat sesuatu yang sangat tidak pantas, ya itu sebuah papan sangat besar di depan mesjid pinggir jalan yang bertuliskan ( MESJID DI JUAL ) hal ini sangat tidak pantas untuk di lihat.

Foto itu di ambil pada Tgl 05-01-2014 kemaren lokasi malang KM 2 utara alun-alun malang, hal ini seriyus ataupun maksud mereka bercanda tetap saja hal ini tidak di perbolehkan dalam islam, jangankan mesjidnya yang di jual, jual beli di mesjid saja sangat di larang Apa lagi mesjidnya yang di jual....!

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الشِّرَاءِ وَالْبَيْعِ فِى الْمَسْجِدِ وَأَنْ تُنْشَدَ فِيهِ ضَالَّةٌ وَأَنْ يُنْشَدَ فِيهِ شِعْرٌ وَنَهَى عَنِ التَّحَلُّقِ قَبْلَ الصَّلاَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

“sesungguhnya rosul melarang jual-beli dimasjid , mencari barang yang hilang dimasjid , mendedangkan sya’ir , berkumpul-kumpul sebelum sholat jum’at ” ( HR. abu daud hadits hasan ).

dalam sebuah riwayat lain nabi memerintahkan untuk mendo’akan kerugian bagi yang melakukan jual-beli dimasjid.

عن ابى هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال إذا رأيتم من يبيع أو يبتاع في المسجد فقولوا لااربح الله تجارتك وإذا رأيتم من ينشد فيه ضالة فقولوا لاردها الله عليك

” apabila kalian melihat seseorang yang berjual-beli dimasjid maka katakanlah padanya : ” alloh tidak akan memberi untung padamu ” dan apabila engkau melihat orang yang mencari barang hilang dimasjid katakanlah : ” alloh tidak akan mengembalikan barangmu ” .

 Apapun modusnya itu tetap tidak di perbolehkan, karena sesungguhnya mesjid itu bukan unuk main-main ataupun bercada-canda. Semoga Alloh memberikan petunjuk untuk yang bersangkutan. Saya sempat berpikir bagaimana bisa masarakat setempat diam akan hal ini, Oke taruklah masarakat tidak kuasa untuk membenahi hal ini, lalu bagai mana pemerintah kota juga diam, Apakah koponen pemerintahan nya sudak tidak berlaku?

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahihnya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا

Dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya, dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Bagaimana kita mau lalai dengan ini semua... Untuk warga malang himbauan atas ini seua selayaknya kita tegur, kita nasehati orang seperti itu, jangn di biarkan mesjid di jadikan mainan, Semoga hal ini cepat di selesaiakan. Allahu A’lam









© Post Original & Official®
 █║▌│█│║▌║││█║▌║▌║
Verified Official by Soffah.net

Post a Comment Blogger

Apa opini dari anda?